Sekolah Wirausaha Aisyiyah (SWA)

From WikiMu
Revision as of 15:04, 31 October 2021 by Adim Paknala (talk | contribs) (←Membuat halaman berisi 'jmpl|Logo SWA Sekolah Wirausaha Aisyiyah (SWA) adalah salah satu program dari Majelis Ekonomi dan Ketenagakerjaan Pimpinan Pusat Aisyiyah. Di...')
(diff) ← Older revision | Latest revision (diff) | Newer revision → (diff)
Jump to navigation Jump to search
Logo SWA

Sekolah Wirausaha Aisyiyah (SWA) adalah salah satu program dari Majelis Ekonomi dan Ketenagakerjaan Pimpinan Pusat Aisyiyah. Didirikan pada tanggal 5 November 2013, yang diresmikan oleh Pimpinan Pusat Aisyiyah di kampus Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Sekolah Wirausaha Aisyiyah merupakan wujud integritas Majelis Ekonomi dan Ketenagakerjaan PPA untuk kesejahteraan dan kemajuan ekonomi bangsa dalam mengangkat harkat dan martabat bangsa.

Majelis Ekonomi dan Ketenagakerjaan Pimpinan Pusat 'Aisyiyah secara aktif mendukung dan mengembangkan Ekonomi Indonesia melalui pemberdayaan ekonomi dibeberapa bidang. Muktamar Aisyiyah tahun 2005 di Malang, Jawa Timur mencanangkan ekonomi menjadi panglima dan Ketenagakerjaan Pimpina Pusat Aisyiyah mendirikan Sekolah Wirausaha Aisyiyah (SWA) sebagai sarana meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan serta jejaring diantara pengusaha.

Berdirinya Sekolah Wirausaha Aisyiyah Majelis Ekonomi dan Ketenagakerjaan Pimpinan Pusat Aisyiyah adalah upaya peningkatan kesejahteraan kaum perempuan yang merupakan bagian integral Tanfidz Keputusan Tanwir Aisyiyah di Yogyakarta tahun 2012, yang berisi: 1). Terbangunnya kesadaran perilaku ekonomi untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan warga, umat dan masyarakat; 2) Menumbuhkan semangat kewirausahaan (entreprenuer) melalui penguatan dan pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah yang dikelola oleh perempuan, agar perempuan mampu memperjuangkan hak dan kepentingannya; 3) Sebagai gerakan pemberdayaan ekonomi umat di tengah minimnya lembaga pendidikan formal dan non formal yang memberikan pendidikan kewirausahaan dengan menggunakan metode mentoring.

Visi yang diemban Sekolah Wirausaha Aisyiyah adalah "Menjadi pelopor terciptanya perempuan mandiri yang berkarakter Islami dan berjiwa nasionalis". Sekolah Wirausaha Aisyiyah (SWA) memberikan pembinaan dan pendampingan yang berkelanjutan sehingga terbentuk perempuan wirausaha yang mandiri dan pada akhirnya akan berdampak pada kehidupan sosial. Sedangkan Misinya adalah: a). Menumbuhkan jiwa kewirausahaan, b) Memberdayakan melalui pendampingan usaha sesuai bidang usaha yang dipilih dan akan ditekuni, c) Mendidik calon wirausaha perempuan yg cerdas dan berkarakter Islami, d) Menggalang spirit pembelaan terhadap karya produk karya bangsa sendiri, mendorong terciptanya kemandirian bangsa.

Sekolah Wirausaha Aisyiyah ini secara umum bertujuan: "Bertambahnya jumlah pengusaha perempuan usia produktif". Dan tujuan khususnya adalah: a) Meningkatkan jumlah wirausaha yang berkualitas, b) Membudayakan semangat, sikap, perilaku, dan kemampuan berwirausaha.

Sistem pembelajaran Sekolah Wirausaha Aisyiyah meliputi pembelajaran di kelas, kunjungan usaha, dan mentoring dari para pengusaha yang tidak terbatas waktu. Harapan dari kegiatan tersebut adalah tumbuhnya jiwa wirausaha, memiliki berbagai alternatif usaha yang dapat dijalankan dan mempunyai hubungan luas dengan sesama peserta maupun jejaring pengusaha dimanapun serta adanya bimbingan yang terarah dari para pengusaha untuk meningkatkan kualitas usaha. Sejak berdirinya, Sekolah Wirausaha Aisyiyah ini sudah tersebar di seluruh Indonesia.(IM)

SWA yang dibuka bulan Februari 2014