Rihlah Dakwah

From WikiMu
Jump to navigation Jump to search

Rihlah dakwah adalah sebuah perjalanan berupa kunjungan (silaturahmi) kerja Majelis Tablig Muhammadiyah kepada majelis tabligh Muhammadiyah di daerah untuk mengkonsolidasikan program-program majelis tabligh, sehingga kewajiban dakwah dapat dilaksanakan oleh setiap Pimpinan Muhamadiyah secara merata dan seragam. Rihlah dakwah ini menjadi program dari Majelis Tabligh Muhammadiyah. Biasanya Rihlah Dakwah ini dilaksanakan pada bulan Ramadhan.

Rihlah dalam gerakan dakwah Muhammadiyah adalah serangkaian aktivitas penyampaian pesan atau informasi dengan cara mengunjungi, menyapa, berdiskusi, bertukar fikiran mengenai peluang dan tantangan dakwah Muhammadiyah di daerah yang dikunjungi.

Rihlah Dakwah adalah salah satu program Dakwah Pimpinan Persyarikatan Muhammadiyah berupa kunjugan dakwah yang dilakukan oleh Majelis Tabligh yang berada di level pimpinan peryarikatan yang lebih tinggi kepada pimpinan persyarikatan yang ada di bawahnya, Pimpinan Pusat mengunjungi Pimpinan Wilayah, Pimpinan Wilayah mengunjungi Pimpinan Daerah, Pimpinan daerah mengunjungi Pimpinan cabang dan pimpinan cabang mengunjugi Pimpinan Ranting.

Rihlah Dakwah yang dilakukan oleh Persyarikatan Muhammadiyah adalah sebagai strategi dakwah, yang bentuknya bisa berupa penyampaian informasi mengenai kebijakan-kebijakan pimpinan Muhammadiyah, khususnya yang berkaitan dengan dakwah Muhammadiyan oleh struktur Persyarikatan Muhammadiyah yang secara hierarkis berada di atas kepada kepemimpinan Muhammadiyah yang berada di bawahnya.

Dalam persyarikatan Muhammadiyah, Rihlah juga bearti lawatan atau kunjungan kerja pimpinan persyarikatan Muhammadiyah yang berada di level atas kepada jamaah persyarikatan dan simpatisan yang berada di lingkup pimpinan persyarikatan dibawahnya. Para mubaligh Muhammadiyah berkunjung ke daerah-daerah untuk saling bertukar informasi, mengenai pelaksanaan tugas dakwah para pimpinan Muhammadiyah, dan upaya mengenalkan organisasi Muhammadiyah kepada masyarakat luas dengan cara lawatan, mengunjungi atau bersilaturahmi.

Tujuan dilaksanakannya rihlah dakwah diantaranya; Sebagai ajang silaturahmi antara warga Muhammadiyah dengan Pimpinan Muhammadiyah dalam rangka menggairahkan kehidupan bermuhammadiyah di Daerah/Cabang//Ranting yang dikunjungi. Selain itu menjadi ajang sosialisasi berbagai keputusan maupun perkembangan mutakhir Persyarikatan di tingkat Pusat maupun di Wilayah kepada pimpinan Daerah muhammadiyah yang dikunjungi. Melakukan pemetaan terhadap dakwah/tabligh Persyarikatan di tingkat Daerah/Cabang/ Ranting baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Juga dalam rangka mensosialisasikan putusan-putusan atau fatwa-fatwa Muhammadiyah terutama yang berkaitan dengan sikap dan panduan pelaksanaan Ibadah. (Im)