Muhammadiyah Tobacco Control Center

From WikiMu
Jump to navigation Jump to search

Muhammadiyah Tobacco Control Center, disingkat MTCC, didirikan berdasarkan pada Keputusan Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta nomor: 006/SK-UMY/I/2011 tentang Pembentukan MTCC UMY pada tanggal 08 Januari 2011. MTCC UMY diresmikan bersamaan dengan pembukaan Klinik Berhenti merokok di Asri Medical Center (AMC). MTCC UMY sebagai lembaga pendidikan bertugas menetapkan dan mengkampanyekan kebijakan kawasan bebas asap rokok di lingkungan Muhammadiyah. Keberadaan MTCC di kampus diharapkan merupakan wadah bagi pengembangan riset dan penggalangan dana riset di bidang kampanye kesehatan dan pengendalian tembakau.

Kepengurusan MTCC UMY pertama dibentuk pada tahun 2011. Ketua MTCC UMY Periode 2011- 2012 dijabat oleh dr. Titik Hidayati, M.Kes. Struktur organisasi MTCC UMY terdiri tiga bidang: Bidang Advokasi, Publikasi, dan Hubungan Masyarakat; Bidang Penelitian dan Pendidikan; dan Bidang Klinik Berhenti Merokok.

Pada tahun 2013, dilakukan restrukturisasi MTCC UMY. Struktur Organisasi MTCC UMY disempurnakan dengan menambahkan 1 bidang kerja, yakni Bidang Pelatihan dan Pemberdayaan Anggota. Kepengurusan MTCC UMY dengan struktur baru ini berlangsung sampai dengan Maret 2015. Ketua MTCC UMY Periode 2013-2015 dijabat oleh dr. Erwin Santosa, Sp.A., M.Kes.

Muhammmadiyah Tobacco Control Centre didirikan untuk melakukan beberapa program antara lain; (1). Mendukung Muhammadiyah melakukan sosialisasi bagi terwujudnya Kawasan Tanpa Rokok di lingkungan forum, fasilitas dan amal usaha Muhammadiyah sejalan dengan penetapan Fatwa Haram Rokok; (2) Mendukung Rektor UMY dalam mewujudkan UMY sebagai Kampus Bebas Asap Rokok 100%; (3) Mendukung Pemerintah untuk mewujudkan Indonesia Sehat untuk Semua; (4) Mendukung Pemerintah Daerah untuk menetapkan kebijakan dan melakukan promosi kesehatan dalam rangka menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran dan kemampuan masyarakat untuk meng-organisasikan diri dalam berbagai upaya penanggulangan dampak merokok; dan (5) Mendampingi masyarakat dalam rangka menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran dan kemampuan untuk meng- organisasikan diri dalam berbagai upaya penanggulangan dampak merokok.

Sasaran kegiatan MTCC adalah pemerintah daerah, kelompok komunitas, mahasiswa dan pelajar. Isu-isu yang menjadi concern MTCC adalah: pengembangan penelitian bidang public health; pengembangan policy advocacy penetapan kebijakan pengendalian tembakau, pengembangan Klinik Berhenti Merokok; dan pengembangan kerjasama global.

Ada banyak jenis kegiatan yang telah dan akan dilakukan oleh MTCC, yakni: Regional High Level Meeting, Policy Meeting, Capacity Building, Workshop, Focuss Gruop Discussion, Policy Advocacy, Community Service, Reserach Collaboration, dan International Conference.

Di dalam mengemban kegiatan yang beragam tersebut MTCC memiliki mitra kerja yang sangat banyak selama ini, beberapa bisa disebutkan antara lain: Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health, Baltimore, USA; The Union - International Union Against Tuberculosis and Lung Disease, Perancis; World Lung Foundation (WLF); National Cancer Institute (NCI) of National Institute of Health (NIH) USA; Australian Volunteers for International Development (AVID); Yamaguchi University, Japan; dan Majelis Pembina Kesehatan Umum serta lembaga-lembaga terkait di Indonesia baik pemerintah maupun non pemerintah.

MTCC merupakan organisasi yang peduli dengan pengembangan SDM dan jaringannya dalam mendukung keberhasilan program- programnya. Pelatihan yang diberikan meliputi pelatihan untuk Dosen, staff MTCC, serta volunteer MTCC. Pengembangan kapasitas SDM menjadi hal penting dalam keberlanjutan program, sehingga ini menjadi salah satu komitmen bagi MTCC. Jaringan MTCC meliputi jaringan organisasi dan jaringan penelitian. Jaringan organisasi MTCC meliputi jaringan MTCC dan jaringan tobacco control di Indonesia. Jaringan MTCC meliputi MTCC Universitas Muhammadiyah Purwokerto, MTCC Universitas Muhammadiyah Surabaya, MTCC Universitas Muhammadiyah Magelang, dan MTCC Universitas Muhammadiyah Mataram. Kegiatan-kegiatan pengembangan SDM dan jaringan lainnya dapat dilihat lebih lengkap di www.mtcc.umy.ac.id dan www.itcrn.org. (Ad)