Muchlas MT

From WikiMu
Revision as of 10:43, 23 October 2022 by Adim Paknala (talk | contribs)
(diff) ← Older revision | Latest revision (diff) | Newer revision → (diff)
Jump to navigation Jump to search

Dr. Muchlas M.T. adalah Ketua Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Pimpinan Pusat Muhammadiyah, periode 2020-2015 dan 2015-2020 (yang kemudian diperpanjang sampai 2022 karena Pandemi Covid-19). Selain itu, Dr. Muchlas MT menjabat sebagai Rektor Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta periode 2019-2023.

Dilahirkan di Kebumen pada 18 Februari 1962. Sarjana Pendidikan Fisika diperoleh dari Universitas Negeri Yogyakarta pada 1986, dan Magister Teknik diraih dari program studi Teknik Elektro Universitas Gadjah Mada pada 1998. Doktor pada bidang Pendidikan Teknologi dan Vokasi diraih dari Universitas Negeri Yogyakarta pada 2013. Semenjak 1987 sampai sekarang aktif sebagai dosen pada program studi Pendidikan Fisika, Teknik Elektro , dan Magister Pendidikan Vokasi Universitas Ahmad Dahlan untuk matakuliah Elektronika Analog, Elektronika Digital, Sistem Berbasis Mikroprosesor, dan Strategi Pembelajaran Pendidikan Teknologi & Vokasi.

Pak Muchlas, demikian panggilan akrab sehari-hari beliau, berpenampilan kalem dan murah senyum. Prinsip berorganisasi yang selalu beliau tekankan adalah bahwa bermuhammadiyah itu harus selalu "gumbira", ungkapan kata gumbira dipakai beliau untuk menekankan bahwa kegembiraan itu adalah gembira yang tulus dan totalitas. Totalitas berorganisasi dengan gumbira itu beliau terapkan baik dalam memimpin Majelis Pustaka dan Informasi maupun dalam memimpin Kampus Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Selama dua periode memimpin MPI PP Muhammadiyah, berbagai program kerja dan tugas-tugas majelis sebagai unsur pembantu Pimpinan (UPP) PP Muhammadiyah di bidang kepustakaan dan pengembangan teknologi informasi bagi kepentingan persyarikatan diupayakan pelaksanaannya sebaik dan semaksimal mungkin. Diantara tugas rutin yang selalu dilimpahkan kepada MPI adalah penyiapan perangkat teknologi informasi dalam penyelenggaraan Muktamar. Kepengurusan MPI yang anggota pimpinannya diantaranya berasal dari para dosen Perguruan Tinggi Muhammadiyah bidang IT membantu mempermudah MPI dalam melaksanakan tugas kepanitiaan Muktamar tersebut. Misalnya dalam kepanitian Muktamar Satu Abad Muhammadiyah di Yogyakarta dan Muktamar ke-47 di Makassar, para pengurus MPI yang berasal dari para dosen IT di Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) dan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (UHAMKA) terlibat aktif dalam pelaksanaan tugas kepanitiaan Muktamar tersebut.

Website resmi organisasi muhammadiyah.or.id telah dikembangkan oleh MPI dengan melibatkan anggota pengurus yang berasal dari dosen Universitas Muhammadiyah Malang, yakni Ir. Suyatno, M.Si. (Kepala Lembaga Infokom UMM). Dibawah koordinasi Pak Yatno, website muhammadiyah.or.id dikembangkan menjadi super wibsite yang terintegrasi antara website domain PP Muhammadiyah dengan subdomain majelis/lembaga pusat, subdomain PWM dan subdomain PDM se Indonesia, yang meliputi total 509 domain dan subdomain.

Dua Tugas dan program MPI mutakhir yang dilaksanakan dalam kepemimpinan Pak Muchlas adalah: Pertama, membangun command center yang diberi nama Pusat Syiar Digital Muhammadiyah (PSDM); Kedua, merencanakan dan membangun Museum Muhammadiyah. Pelaksanaan tugas dan program kedua inilah yang cukup menguras perhatian dan tenaga para anggota Pimpinan MPI PP Muhammadiyah. Ground breaking pembangunan gedung Museum Muhammadiyah telah dilaksanakan pada 22 Juli 2017 oleh Presiden Jokowi, saat ini tengah dikebut pembangunan interior tata pamer Museum Muhammadiyah. Setelah berproses maju mundur menghadapi berbagai rintangan dan kendala dalam proses pembangunannya baik fisik maupun penyiapan tata pamernya, diharapkan Museum Muhammadiyah sudah beroperasi menerima para pengunjung sepekan sebelum pelaksanaan Muktamar Muhammadiyah-Aisyiyah ke-48 di Surakarta 18-20 November 2022.

Untuk membaca lebih banyak informasi tentang Dr. Muchlas MT, silahkan di klik tautan berikut:

Profil akademik Dr. Muchlas, MT. staff.uad.ac.id/muchlas

Blog Akademik Dr. Muchlas, MT | Ruang Virtual Wahana Pertukaran Informasi Akademik muchlas.ee.uad.ac.id

Senandung Rektor Berbagi "Juwita Malam" Cover by Dr. Muchlas, M.T.

Dr. Muchlas, M.T.
Dr. Muchlas MT berfoto bersama pimpinan MPI PP Muhammadiyah dan Wilayah se-Indonesia saat Rakernas Majelis Pustaka dan Informasi tahun 2016