Majelis Diktilitbang

From WikiMu
Jump to navigation Jump to search

Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Pengembangan, disingkat Majelis Diktilitbang, merupakan pecahan dari Majelis Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan yang semula membawahi seluruh amal usaha Muhammadiyah bidang pendidikan mulai dari pendidikan dasar, menengah hingga perguruan tinggi. Setelah Muktamar Muhammadiyah ke-41 di Surakarta tahun 1985 dibentuklah Majelis PendidikanTinggi, Penelitian dan Pengembangan. Majelis ini mengemban dua tugas sekaligus, yaitu mengembangkan kualitas dan kuantitas Perguruan Tinggi Muhammadiyah, dan menyelenggarakan aktivitas pendidikan dalam konteks pengembangan Persyarikatan. Dengan terbentuknya Majelis ini, pengembangan Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) dapat dikendalikan dan diseimbangkan antara kuantitas dan kualitasnya. Disamping itu, persoalan-persoalan pelik yang muncul di berbagai Perguruan Tinggi Muhammadiyah dapat diselesaikan dengan lebih baik.

Visi dari Majelis Diktilitbang ini adalah; Berkembangnya kualitas dan ciri khas pendidikan Muhammadiyah yang unggul, holistik, dan bertatakelola baik yang didukung oleh pengembangan iptek dan litbang sebagai wujud aktualisasi gerakan dakwah dan tajdid dalam membentuk manusia yang utuh sebagaimana tujuan pendidikan Muhammadiyah.

Di bawah koordinasi Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan PP Muhammadiyah pertumbuhan dan pertambahan Perguruan Tinggi Muhammadiyah sangat pesat. Bahkan melampaui target. Ketika awal dibentuknya Majelis ini, tahun 1985, jumlah Perguruan Tinggi Muhammadiyah sebanyak 75 buah, dan pada tahun 2005 berkembang menjadi 166 buah, dan pada tahun 2020 jumlah Perguruan Tinggi Muhammadiyah bertambah menjadi 171 buah.

Dalam rangka pengembangan yang lebih baik, Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan telah menyusun program pengembangan, yaitu: a. Sistem Gerakan. Mengembangkan sistem strategi implementasi pendidikan tinggi Muhammadiyah yang holistik integralistik (menyeluruh dan terpadu), dan bertatakelola baik menuju Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang unggul dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi dan seni yang berwawasan Islam berkemajuan, b. Organisasi dan Kepemimpinan. Mengembangkan sistem manajemen dan kepemimpinan yang dinamis, produktif dan berdaya saing dalam meningkatkan Catur Dharma (pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) di Perguruan Tinggi Muhammadiyah), c. Jaringan. Meningkatkan sinergi antara Perguruan Tinggi Muhammadiyah dengan Perguruan Tinggi Muhammadiyah, Pimpinan Persyarikatan di segalan tingkat (PW, PD, PC, PR), pemerintah, perguruan tinggi dalam negeri, dan memperluas jejaring Perguruan Tinggi Muhammadiyah dengan perguruan tinggi di luar negeri. Membentuk centre of excellence dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi di Perguruan Tinggi Muhammadiah unggulan, d. Sumber Daya. Terlaksananya pembinaan, pengembangan, pemberdayaan sumber daya Perguruan Tinggi Muhammadiyah sebagai investasi utama dalam dakwah Amal Usaha Muhammadiyah di bidang pendidikan secara konsisten dan berkelanjutan, e. Aksi dan Pelayanan. Meningkatkan mutu dan jumlah Perguruan Tingi Muhammadiyah yang memenuhi kualifikasi akreditasi institusi, akreditasi prodi, dan akreditasi internasional dengan meningkatkan sistem penjaminan mutu Perguruan Tinggi Muhammadiyah, serta menampilkan identitas pendidikan Muhammadiyah. (IM)