Badan Usaha dan Amal Nasyiatul Aisyiyah (BUANA)

From WikiMu
Jump to navigation Jump to search
BUANA poster.jpg

Badan Usaha dan Amal Nasyiatul Aisyiyah (BUANA), adalah suatu gerakan amal usaha Nasyiatul Aisyiyah guna mendukung tercapainya tujuan organisasi, serta gerakan yang menjadi media dalam merealisasikan program-program organisasi.

Kedudukan BUANA dalam struktur NA sebagaimana diatur dalam Anggaran Dasar Nasyiatul Aisyiyah, Bab V Bagian ke-4 Pasal 20: adalah badan adalah unsur pembantu pimpinan yang mempunyai tugas membantu pelaksanaan program operasional, berada di bawah koordinasi departemen, dibentuk oleh Pimpinan Wilayah dan Pimpinan Daerah, Cabang dan Ranting. Anggaran Rumah Tangga Nasyiatul Aisyiyah Bab VIII Bagian Keempat pasal 45, menyebutkan bahwa BUANA adalah unsur Pembantu Pimpinan yang bertujuan membantu pelaksanaan tugas operasional departemen, dapat berbentuk amal usaha, dibentuk oleh departemen, bertanggungjawab atas pelaksanaan tugas operasional departemen sesuai dengan bidang masing-masing, serta bertanggungjawab kepada departemen.

Pembentukan BUANA diselenggarakan oleh Departemen Ekonomi di tingkat Wilayah dan Daerah dan bila memungkinkan di tingkat Cabang. Sedangkan secara teknis operasional departemen dapat menunjuk secara personal maupun tim teknis dalam perintisan dan pengelolaannya.

Tujuan BUANA adalah: 1. Meningkatkan sumberdaya perempuan dalam pengembangan dan pemberdayaan masyarakat guna mencapai kesejahteraan jasmani dan rohani sesuai sasaran gerakan Nasyiatul Aisyiyah, 2. Menghimpun, mengelola dan mengembangkan potensi organisasi di masing-masing daerah dengan berbagai latar belakang budaya, sosial, ekonomi dan pendidikan untuk memperkuat kemandirian ekonomi dan peran Nasyiatul Aisyiyah di masyarakat, 3. Mendukung tujuan organisasi dalam mewujudkan gerakan amal dan usaha produktif.

Bidang gerak BUANA meliputi semua aspek. Semua kegiatan dapat berkaitan dengan bidang ekonomi baik bidang kemasyarakatan, pendidikan, sosial, komunikasi dan informasi, serta dakwah dan pengkaderan. Semua bidang ini dapat diterjemahkan dalam bentuk program-program pemberdayaan ekonomi.

Dengan demikian BUANA mempunyai peran yang sangat strategis antara lain: 1. BUANA sebagai sebuah institusi berperan untuk menggali, menumbuhkan dan mengembangkan potensi dan sumberdaya yang dimiliki Nasyiatul Aisyiyah di berbagai bidang diharapkan sebagai salah satu solusi untuk menyelesaikan persoalan di bidang sosial dan ekonomi. 2. BUANA sebagai metode pemberdayaan dan pengembangan masyarakat, dan sebagai sasaran dakwah Nasyiah. 3. BUANA sebagai gerakan ekonomi Nasyiatul Aisyiyah ikut membantu program pemerintah dalam penanggulangan kemiskinan dengan membuka lapangan kerja bagi masyarakat, sehingga masyarakat bisa mandiri dan memiliki penghasilan. 4. BUANA diharapkan dapat menghasilkan pendapatan (income) untuk mendukung kelangsungan hidup organisasi. (Im)